Blog Single

25 Jan

Si Dua Tahun: Olah Tubuh Sambil Main

Permainan apa sih yang cocok untuk mendorong kemampuan gerak si dua tahun?  

Si kecl yang lagi lincah-lincahnya, asah kemampuan motoriknya agar ia dapat terus berkembang. Anda bisa bermain bersamanya  untuk melatih geraknya, seperti beberapa permainan di bawah ini:

  • Menendang air. Dudukkan si kecil di tepi kolam renang. Tetap jaga si kecil agar tidak jatuh atau tergelincir. Biarkan ia menendang air sesering mungkin. Sensasi menendang air tentu berbeda dengan menendang bola. Ia akan kegirangan melihat Anda terciprat air, selain itu kekuatan otot dan koordinasi gerak kaki kecilnya pun dirangsang.
  • Panjat ‘tebing’. Sediakan beberapa bantal sofa besar di ruang keluarga yang dialasi karpet. Ajak si kecil menumpuk bantal-bantal tersebut di salah satu dinding. Batasi, jangan terlalu tinggi. Setelah tersusun dengan mapan, ajaklah ia memanjat tumpukan bantal tersebut. Tetap jaga si kecil di dekatnya.
  • Main kucing-tikus. Anda dan si kecil bisa bergantian menjadi kucing dan tikus. Jika sedang menjadi tikus, merangkaklah. Kalau menjadi kucing, berjalanlah dengan bertumpu pada lutut. Nah, bergantianlah saling mengejar. Permainan ini akan menjadi sangat seru dan menyenangkan bagi si kecil.

Perangkat Pengaman. Jangan sampai permainan seru dengan si kecil menjadi malapetaka. Siapkan beberapa perangkat pengaman di sekitar ruang gerak si dua tahun:

  • Matras empuk. Walaupun tipis, matras ini sungguh efektif sebagai anti-benturan.
  • Bantal dan guling. Sediakan beberapa dalam bentuk kecil maupun sedang. Gunakan di setiap sudut untuk meredam benturan terhadap benda keras.
  • Kolam renang karet. Kolam ini bisa diisi air ataupun bola. Keduanya sama mengasyikkannya bagi si dua tahun.
  • Pasir. Pasir adalah alas paling ideal di taman bermain. Terutama di bawah ayunan, papan seluncur, maupun jungkat-jungkit.

Sumber: www.ayahbunda.co.id

Related Posts

Leave A Comment