Blog Single

14 Feb

EDUCATION TRIP OF AL FALAAH JUNIOR HIGH SCHOOL “EXPERIENCE IS THE BEST TEACHER”

Rabu tanggal 13 Februari 2019 merupakan saat yang ditunggu – tunggu siswa/I kelas 9 SMP Islam Al Falaah. Karena pada hari itu akan dilaksanakan kegiatan edutrip. Sekali lagi, SMP Islam Al Falaah melaksanakan kegiatan edukasi dengan mengajak siswa/I mengeksplorasi pembelajaran di lapangan dengan mengangkat tema “EXPERIENCE IS THE BEST TEACHER”.

Tujuan kegiatan edutrip SMP Islam Al Falaah kali ini ditujukan pada 2 (dua) lokasi. Pertama Museum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Kedua SkyWorld – TMII. Hari itu tepatnya pukul 06.30 WIB sudah terlihat siswa/I kelas 9 yang sudah berkumpul di sekolah dengan membawa peralatan yang sudah diarahkan panitia untuk disiapkan dan digunakan pada saat di lokasi nanti. Hal ini menunjukkan betapa antusiasnya siswa/I untuk mengikuti kegiatan edutrip ini, diantara kesibukan kelas 9 yang luar biasa dalam mempersiapkan diri menghadapi berbagai Ujian Sekolah dan puncaknya Ujian Nasional (UN).

SMP Islam Al Falaah menerapkan prinsip pembelajaran Joyfull Learning dan learning by doing dengan melaksanakan kegiatan edukasi ini. Dengan harapan siswa/I dapat melaksanakan pembelajaran dengan perasaan gembira dan memberikan kesan yang mendalam karena dapat mengalami secara langsung prosesnya di lapangan. Adapun penetapan lokasi tujuan edutrip kali ini disesuaikan dengan materi pelajaran yang sedang berlangsung dan dengan harapan dapat memberikan hiburan kepada siswa/I agar tidak merasa jenuh dengan pembelajaran yang dilakukan di sekolah.

Tujuan pertama edutrip kali ini adalah Museum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KHLK) yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Senayan – Jakarta. Lokasi ini ditunjuk dengan alasan urgensi generasi milenial untuk melek akan Keragaman Ekosistem dan Kesadaran akan pentingnya Lingkungan Hidup dengan berbagai faktor pendukung kehidupan. Teknologi canggih masa kini dimana segala sesuatunya serba instan akan melahirkan generasi yang konsumtif dan kurang peka terhadap lingkungan sekitar. Dengan alasan tersebutlah akhirnya Museum KLHK dijadikan lokasi tujuan utama. Alasan lainnya adalah sesuai dengan materi pelajaran yang sedang berlangsung pada semester ini yaitu Tanah dan kehidupan dan Teknologi Ramah Lingkungan. Dengan demikian 2 (dua) materi terakhir yang diterima siswa/I kelas 9 pada Tahun ini diterima secara langsung di Lapangan.

Di Museum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) siswa/I SMP Islam Al Falaah didampingi oleh Ibu Dina yang menjelaskan tentang asal-usul Arboretum dan macam koleksi tanaman yang ada di Arboretum. Masih di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, kemudian kunjungan kami dilanjutkan ke Museum, di sana kami diajak menonton tentang pelestarian dan perlindungan hewan serta tumbuhan langka dalam ruang Teater Auditorium Djati. Selanjutnya oleh Ibu Yuli kami diajak keliling museum dan beliau menjelaskan tentang asal – usul Museum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meliputi sejarah, koleksi, dan proses pembuatan awetan hewan dan tumbuhan.

Lokasi kedua kunjungan edutrip berikutnya adalah Skyworld – TMII. Lokasi ini sangat menunjang sekali pembelajaran siswa/I, karena di dalamnya mencakup dua kegiatan sekaligus yaitu edukasi dan hiburan. Eksplorasi alam semesta seyogyanya merupakan kegiatan yang sangat menarik dan senantiasa memicu rasa ingin tahu yang tinggi bagi siswa/I apapun informasinya. Karena aktivitas luar angkasa merupakan pembelajaran yang senantiasa melahirkan imajinasi antar ruang dan dimensi sehingga kegiatan yang bersifat simulasi ditambah dengan penjelasan pengetahuan antariksa dari para guide membuat para siswa/I semakin antusias mengorek lebih lanjut isi alam semesta. Di samping kegiatan simulasi dan penjelasan edukasi dari para guide, di sini para siswa/I dihibur dengan menonton teater 5 Dimensi yang memacu adrenalin dan memberikan keseruan tersendiri. Kegiatan terakhir kunjungan SkyWorld ditutup dengan mengunjungi Planetarium. Di Planetarium siswa/I dihibur dengan penayangan Film Antariksa berikut animasi aktivitas matahari dan benda-benda ruang angkasa lainnya.

Dengan banyaknya kegiatan edukasi yang diterima di Skyworld ini cukuplah kiranya memberikan kesan yang luar biasa. Kami berharap ilmu yang diterima para siswa/I kali ini dapat diterima dengan baik oleh siswa/I dan menjadi pengalaman yang tidak mudah dilupakan.
(red : Tim Edutrip)

Related Posts