Blog Single

18 Nov

Anak Mulai Suka Berbohong? Simak 5 Kiat Mencetak Anak Jujur

Usia bertambah, si kecil pun tumbuh makin cerdas. Sayangnya, pertumbuhan anak Anda itu diikuti dengan kebiasaan barunya: berbohong. Sebagai orang tua, Anda tentu tak menginginkan ia tumbuh jadi anak yang tak jujur. Untuk mengatasinya, coba cara berikut ini:

  1. Saat anak melakukan kesalahan sepele, Anda sebaiknya tak perlu memarahinya, karena ini dapat mendorong si kecil berkata tak jujur. Hindari juga situasi yang membuat anak merasa tersudut, lalu terdorong mengatakan kebohongan.
  2. Kebohongan biasanya dimulai dari cerita yang dibesar-besarkan. Saat anak merasa jadi superhero misalnya. Dalam kondisi ini, ajukan pertanyaan kritis soal kekuatan apa yang membuat ia merasa menjadi superhero. Langkah ini bertujuan agar anak terbiasa berpikir realistis.
  3. Umumnya, si kecil berbohong untuk mendapakan sanjungan ataupun perhatian. Untuk itu, jangan ragu memberikan pujian untuk segala hal positif yang dilakukan anak, seperti di saat ia mau membereskan mainannya sendiri.
  4. Cara bersikap dan sifat anak terbentuk melalui kebiasaan yang dilakukannya di rumah. Untuk itu, pastikan bahwa sikap jujur adalah salah satu peraturan penting yang harus dipatuhi di rumah.

Saat anak berbuat salah namun mau mengakuinya, berikan penghargaan setimpal. Katakan pula padanya, Anda sangat senang jika ia berkata jujur. Cara ini akan membuat si kecil paham, kejujuran akan membuatnya lebih dihargai oleh sesama.

Sumber: www.femina.co.id

Related Posts

Leave A Comment