Blog Single

25 Nov

6 Cara Melatih Anak Agar Lebih Mandiri

Suatu saat nanti, anak akan menjalani hidupnya tanpa bantuan Anda sebagai orang tua. Kemampuannya mengambil keputusan, dan keberanian untuk melangkah maju ditentukan oleh cara Anda mengajarkannya saat ia menemui pilihan. Coba 6 langkah ini untuk melatih anak agar lebih mandiri.

  1. Beri mereka kesempatan untuk memilih. Jika anak terbiasa berhadapan dengan beberapa pilihan, ia akan terlatih mengambil keputusan sendiri bagi dirinya.
  2. Hargai usaha mereka, sekecil apa pun. Hal ini akan mendorongnya untuk melakukan sendiri hal-hal kecil.
  3. Hindari banyak bertanya. Kalaupun ada hal-hal yang ingin ia ceritakan, biarkan anak dengan sendirinya menceritakan kepada orang tua, tanpa harus didorong-dorong.
  4. Jangan langsung menjawab pertanyaan. Sebaliknya, berikan kesempatan kepadanya untuk menjawab pertanyaan tersebut, dan tugas Anda adalah mengoreksinya apabila salah menjawab. Jangan lupa memberi penghargaan kalau ia benar.
  5. Dorong untuk melihat alternatif. Sehingga, anak tidak tergantung pada orang tua, yang bukan tidak mungkin kelak justru akan menyulitkan dirinya sendiri.
  6. Jangan patahkan semangatnya. Jangan sekali-kali Anda membuatnya kehilangan motivasi mengenai sesuatu yang ingin dicapainya.
Sumber : www.femina.co.id

Related Posts

Leave A Comment